Perluasan Masjidil Haram

Sejak  Tahun  2007  Pemerintah  Arab  Saudi  telah mencanangkan  perluasan  Masjidil  Haram.  Ada beberapa  konsekuaensi  dari  program  ini  yaitu dibongkarnya ratusan bangunan ataupun hotel untuk keperluan tersebut. Perluasan Masjidil Haram akan mengarah ke wilayah sebelah Utara Masjidil Haram, Jabbal Hindi, Syamiah dan Shib Amir. Pembangunan yang telah nampak adalah di daerah  Pintu Umrah/ Bab Umrah atau di Pintu 65 Masjidil Haram  telah berdiri bangunan  baru, dimana  sudah  berdiri dua menara Masjid.

Bahkan  Jabbal  Hindi  sudah  tinggal  separo  saja karena sudah “dipapras” dengan Buldozer. Suq Al Lail atau yang dikenal dengan Pasar “Seng” yang dahulu dijadikan oleh jamaah haji tempat untuk berbelanja oleh-oleh, sudah rata dengan tanah. Sejak tahun 2008 jamaah haji sudah tidak bisa berbelanja di Pasar “Seng” ini. Padahal sejak dahulu nama Pasar Seng sudah melekat di hati para jamaah haji. Sekarang hanya tinggal kenangan belaka.
Hal Terbaru pada musim haji 2011 kemarin adalah telah dibongkarnya  Masjid  “Kucing”.  Masjid  ini  letaknya sekitar 200 m sebelah utara Masjidil Haram, di area pasar  seng  tersebut.  Nama  sebenarnya  Masjid  Ini adalah  Masjid  Hurairah,  Masjid  dari  salah  seorang perawai Hadis, Abu Hurairah. Sayangnya Masjid ini telah menjadi kenangan pula. Gambar di samping ini merupakan foto di depan Masjid Kucing yang kami ambil tahun 2007.
Ada Bangunan bersejarah yang masih  tersisa yaitu Maulid Nabi SAW, letaknya sebelah timur, sekitar 100m Masjidil Haram. Tampaknya Maulid Nabi SAW ini akan menunggu  giliran  untuk  dibongkar  guna  perluasan Masjidil Haram, tinggal nunggu eksekusinya saja..??

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s